USAHA MIKRO KECIL MENENGAH MASYARAKAT (UMKM) PERTAHANKAN STABILITAS EKONOMI LOKAL DI MASA COVID-19

Pandemi yang masih melanda di semua negara, membuat masyarakat untuk beradaptasi dengan peraturan yang sesuai dengan protokol kesehatan di semua sektor kehidupan. Di Indonesia beberapa daerah melakukan upaya yang salah satunya pada sektor perekonomian untuk dapat bertahan di tengah pandemi, memulihkan perekonomian menjadi prioritas bagi pemerintah agar masyarakat dapat bertahan hidup ditengah pandemi, seperti yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Wonigiri sebagai upaya meningkatakan perekonomian di masa pandemi  dengan memberikan modal bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah dan mengadakan bazar UMKM yang dilaksanakan di Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Ngadirojo, Wonogiri. Dalam bazaar ini diikuti oleh puluhan pelaku usaha dari olahan pangan, kerajinan hingga tekstil, selain itu Pemerintah Kabupaten Wonogiri juga melakukan upaya lain seperti pelatihan SDM, workshop, diskusi dan kegiatan yang dapat meningkatkan kapabilitas UMKM di Wonogiri dan menggulirkan Program Padat Karya Tunai untuk memberikan edukasi agar masyarakat tetap dapat berkarya dan bekerja dimasa pandemi. Pemerintah Kabupaten Wonogiri membuat inovasi yang diberi nama E-Retribusi yang di khususkan untuk para pedagang pasar yang menempati kios .

Kabupaten Klaten mengalami penurunan makro seperti angka inflasi yang meningkat, tingkat pengangguran dan angka kemiskinan yang meningkat dan pertumbuhan ekonomi yang menurun. Pemerintah Kabupaten Klaten berupaya melakukan koordinasi antara perusahaan besar dan UMKM untuk memperkuat kemitraan, kemitraan dimulai dari pemberian fasilitas, pendanaan, hingga marketing,  dan E-Market sebagai layanan barang melalui platform digital untuk mendorong peningkatan perekonomian di Kabupaten Klaten , maka produk UMKM harus menjaga kualitas.

Kebijakan antara Kabupaten Wonogiri oleh pemerintahan Joko Sutopo dan Kabupaten Klaten oleh pemerintahan Sri Mulyani dalam meningkatkan perekonomian karena dampak pandemi Covid-19 berbeda. Pemerintah Kabupaten Wonogiri melakukan upaya pelatihan SDM, workshop, diskusi UMKM, program PKT, Kabupaten Klaten dengan mengusahakan kerjasama dan koordinasi antara pelaku UMKM dengan perusahaan besar dalam melakukan program pengadaan barang melalui platform digital.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *