E-MARKET SOLUSI EKONOMI RAKYAT DI MASA PANDEMI COVID-19

Sektor perekonomian menjadi sektor yang terdampak begitu besar karena pandemi dan saat ini teknologi menjadi kebutuhan bagi setiap individu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mencari penghasilan di masa pandemi karena terbatasnya ruang gerak untuk memenuhi kebutuhan dan mencari penghasilan.   Dalam mendukung pergerakan roda perekonomian dimasing-masing daerah diperlukan kebijakan atau inovasi dari pemerintah daerah untuk menggerakkan perekonomian masyarakat agar dapat berjalan kembali. Pemerintah Bengkulu membuat sebuah aplikasi bagi masyarakat agar tetap bisa memiliki  peluang untuk mendapat perkerjaan dan pemasukan saat pandemi, pemerintah Bengkulu bekerjasama dengan DISKOP UKM, hal ini menjadi upaya pemerintah daerah dalam melanjutkan program pemberdayaan masyarakat untuk mengembanglan perekonomian daerah.  Aplikasi KUPESAN  dibentuk oleh PT. Kurnia Persada Agrinusa dan PT. Warta Bumi Raflesia melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, aplikasi KUPESAN merupakan layanan makanan dan belanja sayuran, buah-buahan serta barang sembako.

Pemerintah daerah Kota Malang membuat aplikasi untuk masyarakat agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa keluar rumah dengan e-Pasar Malang yang merupakan aplikasi belanja lokal pasar rakyat untuk memesan barang melalui ponsel, aplikasi ini dibuat melalui kolaborasi KADIN  Malang Raya dan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang. Fungsi dari e-Pasar ini antara lain memudahkan warga Kota Malang untuk melakukan pemesanan barang di pasar terdekat, memberikan informasi ketersediaan barang dagangan dan program promosi, barang pesanan akan diantar ke alamat pemesan  dengan pembayaran sistem transfer, COD dan menggunakan EDC. Hal ini dapat menghidupkan perekonomian rakyat. Pada 4 Juli 2020 telah diluncurkan aplikasi E-Pasar Malang di Pasar Oro-oro Dowo, melalui soft launching E-Pasar malang pemerintah dapat melakukan sosialisasi awal yang dilanjutkan dengan simulasi dan praktek secara teknis oleh para pedagang.

Di Kabupaten Luwu Utara juga memiliki aplikasi yaitu E-Mall Lutra sebagian bagian dari smart city yang diharapkan mampu menjadi pasar bisnis lokal baru untuk pemasaran digital berbagai produk unggulan lokal. Selain itu pemerintah daerah sedang mengembangkan aplikasi Public Online Transportation of Luwu Utara Go (Portal Go) untuk memudahkan masyarakat Luwu Utara dan perdagangan berbasis elektronik ini melibatkan pelaku UMKM dan kaum milenial.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *