SISTER PROVINCE BALI AND HO CHI MINH

Sister Province merupakan peningkatan hubungan kerjasama yang dilakukan Indonesia dan Vietnam, pihak Vietnam berkeinginan untuk menjalin kerjasama dibidang pariwisata antara Ho Chi Minh dengan Bali.  Hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, mengembangkan sektor pariwisata  dan bersama-sama meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat kedua negara. Pihak Indonesia menyambut baik untuk kerjasama tersebut , hal ini menjadi tugas dan kewenangan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kepentingan nasional. Pada tahun 2018 jumlah kunjungan wisatawan Vietnam yang mengunjungi Bali sebanyak 21.323 hal ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah Bali karena jumlah wisatawan mancanegara asal Vietnam belum termasuk dalam daftar 10 besar wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali.

Pada tahun 2018 pihak pemerintah Bali terlebih dahulu melaksanakan penjajakan bersama dengan DPD HPI (Himpunan Pramuwisata Indonesia) Bali, PHRI Bali dan Dinas Pariwisata Provinsi Bali serta dihadiri oleh Konsul Vietnam Mr.Pham dengan membahas tentang restoran di Bali yang menyediakan menu ala kulinari Vietnam dan sebagai wujud nyata dari penjajakan , kini telah ada sekitar 10 restoran Vietnam di Bali, di Ho Chi Minh juga telah ada sekitar 3 restoran dengan menu khas bercita rasa Indonesia. Hal ini menjadi upaya intensif dari Pemerintah Bali dan kedua belah pihak sepakat bahwa pada bulan April direncanakan adanya penandatanganan Sister Province Bali dan Ho Chi Minh. Pada tanggal 5 Agustus 2019, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia H.E. Pham Vinh Quang sebagai bukti keseriusan kedua belah pihak dalam menjalankan kerjasama sister province.

Untuk mewujudkan kerjasama tersebut, fasilitas para wisatawan yang akan ke Bali maupun ke Ho Chi Minh  menjadi perhatian khusus kedua belah pihak. Pada bulan Oktober 2018 Duta Besar Vietnam untuk Indonesia menyampaikan kepada Wakil Gubernur Bali bahwa pihaknya telah membicarakan dengan Kementerian Perhubungan terkait dengan dibukanya penerbangan langsung dari Vietnam ke Bali. Komunikasi pihak Vietnam memberikan hasil dalam mendukung persiapan kerjasama sister province Bali dan Ho Chi Minh, hal ini dibuktikan dengan dibukanya penerbangan secara langsung rute Ho Chi Minh City (SGN)- Bali (DPS) dan sebaliknya. Kedua negara bersama-sama membuka penerbangan dengan bekerjasama dengan maskapai dari negara masing-masing.

 Dengan kesuksesan pembukaan rute penerbangan, pihak Indonesia kemudian menyusun kegiatan untuk mempromosikan pariwisata dengan bekerjasama dengan KBRI Hanoi dengan mengajak para Influencer media sosial, travel blogger, fotografer dan jurnalis Majalah Travellive asal Vietnam untuk menikmati pesona keindahan Pulau Dewata Bali yang dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 5 November 2019. Selain itu juga berkerjasama dengan agen travel dari Indonesia maupun Vietnam.  Namun penandatanganan  kerjasama sister province yang direncanakan pada bulan April 2020 belum dapat terlaksana karena pandemi Virus Covid-19 , sehingga pelaksanaan kerjasama sister province antara kedua negara belum dilanjutkan kembali.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *