KEPEMIMPINAN PEREMPUAN MILLENIAL

Dalam lingkup lembaga pendidikan tinggi, mahasiswa sebagai generasi muda hendaknya memiliki bekal dengan nilai-nilai kepemimpinan. Saat ini  mahasiswa  masih belum sangat berperan aktif dalam organisasi yang terdapat dalam lingkungan akademiknya. Padahal mahasiswa merupakan salah satu aktor perubahan sosial yang penting dalam proses pembangunan berkelanjutan saat ini. Masalah apa yang dihadapi mahasiswa? Permasalahan tersebut terkait kurangnya keterampilan dalam pengelolaan organisasi, kurang responsif terhadap permasalahan sosial, lemahnya komunikasi efektif baik secara internal maupun eksternal sehingga kesulitan dalam proses rekrutmen anggota baru.

Selama masa pandemi covid-19 ini mengurangi aktivitas mahasiswa mengingat pembelajaran masih dilakukan dari jarak jauh dan tidak adanya kerumunan dalam ruang publik, maka diadakan kegiatan untuk memberikan pendampingan dan motivasi kepada mahasiswa perempuan yang tergabung dalam Forum Perempuan melalui workshop kepemimpinan milenial secara online dan para peserta sangat antusias untuk memberikan pertanyaan kepada narasumber.  Melalui workshop dengan tema “Pemimpin Milenial, Pemimpin Berkarakter, dalam Perspektif Gender” diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa untuk terlibat dalam organisasi dan berani berperan serta sebagai pemimpin yang cekatan, responsive dengan mengedepankan komunikasi dan relasi sosial dalam masyarakat..

Dengan kegiatan sosialisasi, penyuluhan dan pelatihan melalui workshop serta pendampingan  menjadi sebuah pengalaman menarik di masa pandemi Covid-19 yang diwarnai dengan pelaksanaan protokol kesehatan pada setiap aktivitas masyarakat, tidak menghalangi mahasiswa untuk mencari dan menambah pengetahuan terkait kepemimpinan sebagai bekal menjadi agen perubahan sosial dan terlibat dalam pembangunan nasional.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *