BAHASA INDONESIA DI AUSTRALIA

Bahasa menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, dengan adanya bahasa maka  individu dengan individu maupun kelompok dengan kelompok dapat saling  berinteraksi satu sama lain sehingga bahasa sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan masing-masing, begitu juga dengan sebuah negara untuk mencapai kepentingan nasionalnya dengan negara lain sangat membutuhkan bahasa sebagai alat komunikasi melalui diplomasi agar kepentingan nasional dapat tercapai. Bangsa Indonesia memiliki bahasa yaitu bahasa Indonesia yang menjadi landasan bagi terbentuknya Bangsa Indonesia sebagai sebuah negara, Bangsa Indonesia memiliki keragaman bahasa yang terdiri dari 700 bahasa yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dan yang menjadi bahasa resmi adalah bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa dan digunakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Maka bahasa sangat penting dalam kehidupan bernegara untuk saling berinteraksi dengan bangsa lain, bangsa Indonesia yang memiliki bahasa resmi yaitu bahasa Indonesia yang merupakan wujud dari politik bangsa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa dan  sebagai cerminan pembentuk karakter bangsa, dalam kehidupan bernegara bahasa Indonesia tidak lepas dari geopolitik Indonesia dalam wawasan nusantara untuk menjunjung tinggi bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Saat ini diplomasi banyak melalui soft diplomasi, dan bahasa menjadi salah satu alat soft diplomasi untuk memperkenalkan kebudayaan suatu bangsa.

Terdapat salah satu negara yang telah mengajarkan Bahasa Indonesia untuk diajarkan pada masyarakatnya yaitu negara Australia. Sejak tahun 1950-an bahasa Indonesia telah diajarkan di sekolah dan universitas di Australia dan hingga saat ini Australia menjadi salah satu penyedia pendidikan Bahasa Indonesia terbesar  diluar Indonesia. Dalam hal ini pemerintah Australia menanggapi, bahwa Bahasa Indonesia sebagai kebutuhan peningkatan pemeliharaan bahasa, walaupun terdapat kebijakan pemerintah dalam mendukung pengajaran Bahasa Indonesia, namun sebagian besar sebagai alasan keamanan ekonomi dan nasional.

Tahun 1995 adanya pengenalan terhadap Bahasa Indonesia di Australia karena keprihatinan Pemerintah Australia terhadap stabilitas regional di Asia karena meningkatnya minat nasional dalam perdagangan dengan Asia, sehingga pemerintah Australia memperkenalkan sebuah strategi yaitu National Asian Languages and Studies in Australian Schools (NALSAS) dan Bahasa Indonesia menjadi bahasa asing ketiga yang banyak dipelajari di sekolah-sekolah Australia, dengan pelajar Australia yang memperlajari Bahasa Indonesia sekitar 190.000 pelajar.

Pihak pemerintah Indonesia terus menggalakkan gerakan untuk mengenalkan bahasa Indonesia, salah satunya dengan penjajakan pembahasan mengenai bahasa Indonesia oleh pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia Heru Subolo dan pihak Australia yang diwakili oleh Menteri Pendidikan Australia Sarah Mitchell, pertemuan yang diadakan pada 18 Februari ini  untuk memperkuat bahasa Indonesia di Australia, antara lain dengan penjajakan untuk memasukkan pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum pendidikan dan kesiapan pihak pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan pengembangan pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia dan adanya Memorandum of Understanding, dengan pemahaman pada bahasa Indonesia diharapkan dapat memperkuat hubungan antar masyarakat di Indonesia  dan sebagai dukungan dalam implementasi Indonesia-Australia Comprehensive Strategic Partnership.

Sumber:

Joshua Christian mau, Setyasih Harini S.IP., M.Si., Halifa Haqqi, S.IP., M.Si. BAHASA INDONESIA SEBAGAI SARANA DIPLOMASI ANTRA PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA DAN AUSTRLIA. JURNAL SKRIPSI.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *