GARUDA SIMBOL PESONA INDONESIA


Wonderful Indonesia

Indonesia memiliki julukan dari para wisatawan yaitu “Wonderful Indonesia” karena Indonesia dengan wilayahnya yang luas memiliki penuh pesona tersendiri mulai dari keindahan alamnya, keragaman penduduk dan bahasanya hingga pesona seni budaya tradisi lokal yang memiliki keunikan dan cagar budaya yang tentu saja sangat menarik untuk dikunjungi dan menjelajah wisata nusantara. Wonderful Indonesia merupakan branding pariwisata Indonesia yang mengusung tema Eco, Culture and MICE (Meeting, Incentive (Travel), Conventions, Exhibitions) yang sebelumnya pariwisata Indonesia memiliki nation branding yaitu “Visit Indonesia”. Tema yang mengusung Eco, Culture, and MICE ini memiliki makna yaitu

  • Eco merupakan perwujudan bentuk kepedulian pariwisata Indonesia terhadap lingkungan
  • Culture (Kebudayaan) merupakan harta dan kekuatan Indonesia yang mempunyai kekayaan seni budaya beraneka ragam dari Sabang sampai Merauke
  • MICE adalah rangkaian acara dalam rangka Indonesia sebagai tuan rumah KTT ASEAN di tahun 2011, sehingga akan banyak pertemuan dan konvensi (MICE) yang diadakan di Indonesia, terdapat 600 event MICE yang diselenggarakan diberbagai daerah di tanah air.

Wonderful Indonesia menjadi janji pariwisata Indonesia kepada dunia. Istilah “Wonderful” mengandung makna bahwa Indonesia kaya dengan keindahan karya anak manusia maupun alamnya. Pesona Nusantara itu mampu mengusik kalbu dan menjanjikan pengalaman baru yang menyenangkan. Branding “Wonderful Indonesia” diharapkan menjadi identitas bangsa. Istilah Wonderful Indonesia biasanya dirangkai dengan Jateng Gayeng by Wonderful Indonesia, Enjoy Jakarta by Wonderful Indonesia.

Branding Wonderful Indonesia

Branding “Wonderful Indonesia” memiliki tujuan untuk mengefektifkan dan berintegrasi agar tidak terlalu banyak branding yang diciptakan oleh banyak tempat wisata maupun daerah. Wonderful Indonesia menjadi payung besar dalam dunia pariwisata Indonesia. Brand “Wonderful Indonesia” juga bertujuan sebagai country branding yang mempresentasikan daya tarik, keindahan alam, keanekaragaman budaya, dan keramahtamahan masyarakat Indonesia maupun fasilitas pariwisata menarik lainnya yang dikembangkan warga maupun masyarakat Indonesia itu sendiri.

Logo Wonderful Indonesia memiliki makna yang dalam. Bentuk logo mengambil konsep Garuda Pancasila sebagai dasar negara. Lima sila digambarkan dengan 5 garis warna yang berbeda dan merupakan symbol diversity Indonesia yang penuh dengan keanekaragaman. Logo diolah menjadi bentuk dan warna yang dinamis sebagai perwujudan dari dinamika Indonesia sebagai negara berkembang. Jenis huruf dan logo diambil dari elemen otentik Indonesia yang disempurnakan dengan sentuhan modern.

Burung untuk logo Wonderful Indonesia suka berkelompok. Ini melambangkan hidup damai antar sesama di alam sentosa. Burung adalah satwa dengan populasi terbesar dan menjadi lambang bangsa Indonesia. Rentangan sayap berarti keterbukaan, hasrat untuk terbang jauh, dan melintas batas, sifatnya semesta dikenal oleh semua, tulisan “Indonesia” berwarna hitam yang lebih besar daripada “Wonderful” mengedepankan dan memperkuat Indonesia diantara persaingan pariwisata Internasional.

Pembaharuan dilakukan pada logo wonderful Indonesia yang menekankan gaya yang luwes melalui gambar tanpa sudut yang bermakna keseimbangan, keselarasan manusia dibumi dan sekaligus menggambarkan pariwisata yang berkelanjutan. Lambang garuda tetap dipertahankan sebagai dasar negara Indonesia dengan lima warna yang merupakan bulu dan warna pada bulu ini memiliki makna, warna biru yang berarti kesemestaan, warna hijau berarti kreatifitas dan ramah pada alam, warna jingga melambangkan inovasi dan semangat pembaharuan, warna ungu melambangkan simbol daya imajinasi dan keimanan, warna magenta merupakan simbol keseimbangan akal sehat dan sifat praktis.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *