TAWAKKUL KARMAN DALAM DUNIA POLITIK YAMAN

Tawakkul Karman seorang perempuan Yaman, yang bergabung dalam Partai Al Ishlah. Karman menjadi perempuan pertama yang melepaskan diri dari kungkungan budaya patriarkhi di Yaman. Kekuatan dan kemampuannya untuk terlibat aktif dalam politik dibuktikan dengan aksinya untuk turun ke jalan. Karman berani melakukan demonstrasi untuk membebaskan perempuan dari dominasi laki-laki. Kaum ekstrimis Islam Yaman membenci gerakan yang dipelopori oleh Tawakkul Karman. Tawakkul Karman dianggap mencoba untuk mendorong kaum perempuan menjauh dari rumah.

Partai Al Ishlah

Partai Al Ishlah adalah partai Islam Yaman yang didirikan pada tahun 1990 oleh Abdullah ibn Husain al-Ahmar, Ali Mohsen al-Ahmar, Abdul Majeed al-Zindani, Mohammed al Yadumi dan Yahya Rassam. Partai Ishlah mampu mengakomodasi protes terhadap Ali Abdullah Saleh. Partai ini  rela membeli makanan serta persediaan medis untuk ribuan pengunjuk rasa yang berkemah di Lapangan Perubahan. Salah satu pemimpin Partai Al Ishlah yaitu Syaikh Abdul Majid Az Zndan dianggap Amerika Serikat sebagai teroris karena menjadi penasihat Usamah bin Ladin. Partai Ishlah merupakan manifestasi Ikhwanul Muslimin di Yaman. Partai Al Ishlah merupakan partai yang memiliki ideologi yang berseberangan dengan militer yang membawa nilai Islam di Yaman.

Tawakkul Karman Dalam Partai Al Ishlah

Tawakkul Karman mengiginkan agar Partai Al-Islah menjadi partai terbaik di Yaman yang mendukung keanggotaan perempuan. Melalui Partai Al-Ishlah Tawakkul Karman ingin mengangkat derajat perempuan Yaman yang secara kesukuan dan chauvinisme masih diperintah oleh kaum laki-laki, memberantas buta huruf di kalangan perempuan yang masih menjadi masalah dan gizi buruk karena dalam keluarga cenderung mengistimewakan anak laki-laki. Organisasi yang dipimpin Tawakkul Karman menentang adat tradisional yaitu dengan mencoba menghentikan pernikahan anak, membuka kelas keaksaraan untuk anak perempuan serta mendorong perempuan untuk menuntut hak-haknya dalam keluarga.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *