Pentingnya People to People Contact dengan Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI)

Sejak tahun 2003 pemerintah Indonesia melalui Kementrian Luar Negeri RI telah menyelenggarakan program Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) untuk memberikan kesempatan bagi generasi muda dari berbagai negara untuk mempelajari kebudayaan Indonesia. Program Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) sebagai salah bentuk dalam pelaksanaan soft diplomacy Indonesia. Dalam program BSBI ini para peserta akan langsung berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dan komunitas yang terlibat dalam program beasiswa ini.  People to people contact  memberikan kesempatan kepada para penerima beasiswa dan masyarakat Indonesia untuk menjalin hubungan baik dalam hal memperkenalkan dan mengajar kebudayaan Indonesia. Sebagai kontribusinya, para penerima beasiswa dapat memperkenalkan dan mengajarkan kebudayaan Indonesia kepada masyarakat di negaranya masing-masing.

Program BSBI merupakan komitmen Indonesia dalam meningkatkan kerjasama dalam bidang sosial budaya antar negara-negara di dunia terutama negara yang mengirimkan delegesinya dalam program tersebut. Program BSBI ini bertujuan menciptakan pemahaman yang lebih baik tentang keberagaman Indonesia di kalangan generasi muda internasional. Para penerima beasiswa BSBI dapat menjadi friends of Indonesia yang dapat membantu promosi Indonesia di negara asal. Program BSBI ini juga mengoptimalkan people to people contact melalui pendekatan seni dan budaya  langkah ini diambil karena kebudayaan merupakan alat diplomasi yang  bebas dari kepentingan politik dan ekonomi. Dampak yang signifikan dari BSBI adalah memajukan sikap saling pengertian dan pengembangan people to people contact. Dengan unsur-unsur seni dan budaya diharapkan untuk kedepannya akan menghasilkan dampak yang positif dalam mengisi dan mengembangkan kerjasama di berbagai bidang lainnya.

Program BSBI memiliki kurikulum utama yaitu Bahasa Indonesia, Seni Budaya dan agama, kegiatan sosial, serta kearifan lokal dengan rentang waktu tiga bulan. Sejak tahun 2013 program BSBI menghasilkan 658 lulusan dari 60 negara. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan para generasi muda negara-negara sahabat dengan berbagai ragam identitas dan kepribadian bangsa Indonesia yang khas seperti sikap menghargao keberagaman/kebhinekaaan, kekeluargaan, kesatuan, toleransi, dan keterbukaan. Di tahun 2016 para peserta BSBI berasal dari negara anggota ASEAN, ASEAN+3, SwPD dan PIF serta dari Azerbaijan, Belanda, Republik Ceko, Hungaria, India, India, Italia, Jerman, Moldova, Perancis, Polandia, Romania, Slovenia, Slowakia, Spanyol, Suriname, Turki, Serbia, Bulgaria, Kroasia, Denmark, Norwegia, Kazakhstan, Maroko, Timor Leste, Thailand, Tunis,  Yunani, Moldova, dan Romania.

Di tahun 2016 Indonesia menggelar Pagelaran Indonesia Channel yang diselenggarakan di gedung Teater Besar Taman Ismail Marzuki Jakarta dengan tema “ Thousand Island Made in Heaven” yang dipandu oleh sepasang pembawa acara/MC asal Serbia dan Belanda. Keduanya merupakan alumni BSBI 2015. Dalam acara tersebut, kedua MC  menggunakan kostum Abang-None Jakarta dengan bahasa Indonesia dan juga bahasa Betawi. Dalam pagelaran Indonesia Channel 2016 terdapat synopsis yang mengawali pangelaran yaitu “ Samudera gerbang terbuka, alun ombak bergemuruh, sambung-menyambung, susul-menyusul ke pantai permai. Mereka adalah anak-anak yang terpanggil, berarak-arak menggapai pesisir, menuju Ibu yang menunggu dengan gumam rindu tak berkesudahan. Kini telah jadi lingkaran cinta. Anak-anakmu dari Mainang Kaba, Pulau Dewata, Bumi Pinisi, Tanah Garam dan Nusa Padi memelukmu. Terimalah, Indonesia.

Kemudian, disusul dengan persembahan musik dan lagu ‘lir-ilir’ dari Jawa Tengah dan diteruskan dengan musik dan lagu dari Minang, Bali, Madura dan Makassar, diteruskan dengan penampilan tari Bali kemudian celoteh dan canda dari trio punakawan dan diteruskan tarian dari Makassar yang menggambarkan kehidupan nelayan dan tari dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan Minangkabau yang menggambarkan kehidupan para petani dan pergaulan masyarakat,. Dalam pagelaran Indonesia Channel 2016 ini dibawakan oleh para pemuda dari berbagai negara untuk menampilkan berbagai ragam kekayaan seni budaya Indonesia untuk menampilkan pertunjukkan kolosal seni budaya yang spektakuler

Dengan program BSBI  dapat mempererat hubungan dengan negara-negara sahabat melalui people to people contact  dengan memanfaatkan keberagaman seni budaya bangsa dan menjadi salah satu aset soft power diplomacy Indonesia. Program BSBI membawa nama Indonesia untuk lebih dikenal oleh masyarakat internasional, bahwa Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak keberagaman seni, budaya, sejarah dan kekhasan kehidupan masyarakat Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *